Breaking News
Loading...
Minggu, 29 Juni 2014

Cara Mudah Mengetahui Penyebab Komputer Crash Secara Otomatis

22.05
 Cara Mudah Mengetahui Penyebab Komputer Crash Secara Otomatis

 Cara Mudah Mengetahui Penyebab Komputer Crash Secara Otomatis


E-Teknopedia - Kini pengguna komputer awam pun dapat mengetahui penyebab komputer crash secara otomatis tanpa ribet atau tanpa bantuan teknisi komputer sekalipun. Ini artinya siapa saja bisa mengetahui masalah pada komputer, penyebab windows crash dan kesalahan pada hardware atau software tanpa harus memiliki pengetahuan khusus tentang komputer. Jadi, Anda dapat menganalisa dan mendiagnosa sendiri kerusakan pada komputer serta lebih jauhnya mengetahui bagian-bagian mana saja yang harus diperbaiki tanpa selalu mengandalkan bantuan teknisi. Memang, sebenarnya windows sendiri mencatat setiap detil kesalahan pada log event viewer, selain itu log kesalahan sistem juga bisa dilihat dalam memory dump atau dmp file. Namun cara ini cenderung sulit dipahami khususnya pengguna awam dan tidak tersedia pula anjuran atau solusi perbaikannya.

Nah, untuk mengetahui penyebab komputer crash secara otomatis ini kita dapat memanfaatkan software utility WhoCrashed. Software ini dapat membantu menunjukkan driver mana atau apa saja yang membuat komputer crash hanya dengan beberapa klik. Software ini menganalisa crash dump dan menampilkan semua informasi dengan cara yang mudah dipahami. Beberapa gejala utama penyebab komputer crash bisa terjadi:

Komputer Tiba-tiba Reset dan Mati Sendiri

Jika komputer tiba-tiba restart mati sendiri, jalankan WhoCrashed. WhoCrashed akan memberitahu jika crash dump diaktifkan pada komputer Anda, jika tidak WhoCrashed akan menawarkan bagaimana cara mengaktifkannya.

Komputer Crash pada Saat Boot

Jika komputer crash ketika sistem start up/ boot, maka disarankan untuk boot menggunakan safe mode dan kemudian jalankan program WhoCrashed untuk mendapatkan informasi kegagalan boot tersebut

Komputer Crash dan Menampilkan Blue Screen

WhoCrashed akan menganalisa file-file crash dump pada komputer dan mengumpulkan informasi secara detail, kemudian akan manampilkan driver mana saja yang bertanggung jawab dan menawarkan saran untuk perbaikannya.

Download WhoCrashed

Aplikasi ini dibuat dan disesuaikan dengan Windows Debugging Package (WinDbg) dari Microsoft dan memungkinkan pula untuk menginstal paket debugging tersebut jika Anda inginkan. Aplikasi ini tersedia dalam 2 versi, Home Edition yang gratis dan Premium (berbayar). Bagi yang berminat silahkan download WhoCrashed di sini. Atau silahkan juga lihat daftar software utility lainnya dari Resplendence pada http://www.resplendence.com/downloads. Aplikasi sudah saya tes sendiri dan bekerja dengan baik pada Windows 7 dan Windows 8.1.

Dengan menggunakan software utility WhoCrashed ini, Anda dapat mengetahui penyebab komputer crash otomatis sekaligus dengan mudah tanpa harus memanggil teknisi komputer dan tanpa harus memiliki kemampuan debugging windows. Selamat mencoba.

Sumber :
http://blog.finderonly.net/2014/mengetahui-penyebab-komputer-crash-otomatis.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer