Breaking News
Loading...
Sabtu, 05 Juli 2014

Cara Mudah Cek Performa Dan Kondisi Komputer

22.28
Cara Mudah Cek Performa Dan Kondisi Komputer 

Cara Mudah Cek Performa Dan Kondisi Komputer


E-Teknopedia - Software test performa komputer ini berfungsi menguji sejauh mana kemampuan kinerja komputer juga sebagai tool cek kondisi dan kesehatan hardware komputer yang Anda miliki. Manfaatnya sangat besar sekali terutama bagi Anda teknisi komputer atau bahkan siapa saja pemilik komputer untuk sekedar mengetahui kemampuan maksimal sebuah komputer. Dan lebih jauhnya beberapa software ini dapat juga digunakan untuk menganalisa dan diagnosa kerusakan atau keausan kondisi hardware komputer sehingga menjadi patokan dalam memperbaiki masalah komputer Anda. 

Software test performa komputer ini ada yang berfungsi secara umum menguji kemampuan komponen komputer seperti CPU, GPU, RAM, Disk optical drive, Network dan ada juga yang secara spesifik dalam stressing komponen komputer tertentu seperti memory dan VGA saja. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa aplikasi cek/ tes performa dan kondisi hardware komputer.

Software Cek/ test performa hardware All in One StressMyPC, aplikasi benchmarking ini portable tak perlu install dengan fitur utama menguji dan menganalisa kondisi baterai Laptop dari mulai kapasitas total hingga sisa dan lama durasi tenaga yang tersisa; test kemampuan GPU (Video dan gambar); test kemampuan maksimal CPU (processor); hingga cek kondisi hardisk dan lain-lain. Download StressMyPC di sini

Passmark PerformanceTest, sama dengan software sebelumnya aplikasi ini juga memiliki fitur yang cukup lengkap dalam menguji performa komponen komputer seperti CPU, tes grafis dan video, hardisk alokasi memory, networking dan lain-lainnya yang sangat lengkap. Dan lebih dari itu, Passmark juga merilis begitu banyak aplikasi benchmarking yang variatif hingga tool checking sound dan sleeper (tool cek transisi waktu nyala dan mati), dapatkan Passmark PerformanceTest.

SiSoft Sandra Lite, dengan aplikasi ini Anda dapat mendapatkan informasi lengkap komponen hardware hingga windows internal, CPU, Chipset, Video Adapter, printers, sound card, memory, network, ports, AGP, PCI, PCIe, ODBC Connections, 1394/Firewire dan lainnya, Anda bisa mendownloadnya di sini

HeavyLoad, aplikasi ini sangat mudah digunakan dan cukup lengkap dalam stressing CPU (menguji kemampuan prosesor hingga kapasitas full); uji performa baca tulis hardisk; alokasi memory; simulasi akses hardisk dan sejenishnya, HeavyLoad

Aplikasi test performa Hardisk. E-Teknopedia pernah membahasnya pada Tool Cek Kesehatan Hardisk Super Cepat

Software cek/ test performa Memory RAM & Processor Memtest86+, Windows 7 dan 8 sebenarnya sudah dilengkapi dengan Memory Diagnostic Tool namun jika Anda ingin mengetes kestabilan RAM maka Memtest86+ adalah tool uji performa Memory RAM terbaik. System Stability Tester, software ini memungkinkan kita menguji performa RAM dan CPU dari mulai thread, runtime, loops, digits, times, states hingga validasi checksum dan lainnya. Aplikasi ini gratis dan opensource, tersedia di SourceForge
 
Prime95, aplikasi ini berfungi dalam stressing kapasitas processor yang dilengkapi dengan Tortue test untuk mengetahui performa maksimal prosessor. Ambil prime95 di sini gratis.

Software cek hardware/ software juga pernah E-Teknopedia bahas pada Aplikasi Sistem Informasi Hardware dan Software Lengkap.

Software cek performa VGA/ GPU. Khusus untuk tes performa VGA atau graphic card Anda bisa gunakan Furmark

Software mengetahui penyebab komputer Crash, sedikit terpisah dari aplikasi-aplikasi di atas software ini juga memiliki andil besar dalam memperbaiki komputer. Aplikasi ini mampu mengumpulkan data penyebab komputer crash, sering mati sendiri, atau bahkan blue screen secara otomatis dengan tampilan yang mudah dipahami. Aplikasi ini adalah WhoCrashed, silahkan download dan simak reviewnya pada Mengetahui Penyebab Komputer Crash Otomatis. Semoga bermanfaat.

Sumber :
http://blog.finderonly.net/2014/software-test-performa-kondisi-hardware-komputer.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer