Breaking News
Loading...
Selasa, 03 Juni 2014

2020 - Jepang Luncurkan Teknologi 5G

21.30
2020 - Jepang Luncurkan Teknologi 5G

2020 - Jepang Luncurkan Teknologi 5G


E-Teknopedia - Sejumlah negara saat ini tengah mengembangkan teknologi jaringan 5G, salah satunya adalah Jepang. Negeri Sakura ini menargetkan akan meluncurkan teknologi telekomunikasi 5G pada tahun 2020 dengan dukungan dari pemerintah.

Jepang berharap bisa menjadi pemimpin industri 5G, dengan membuka jalan untuk negara-negara lain mengadopsi teknologi 5G sebagai standar global. Bahkan menurut laporan Nikkei, pemerintah setempat akan menggelar pertemuan dengan sejumlah perusahaan untuk mendiskusikan pengembangan teknologi 5G.

"Kementerian Komunikasi ingin bertemu dengan perusahaan-perusahaan swasta secepatnya pada tahun ini untuk mendiskusikan pengembangan teknologi 5G," demikian laporan Nikkei, seperti dikutip Neowin, Selasa (3/6/2014).

Tiga operator besar, NTT Docomo, KDDI, dan SoftBank, diprediksi akan turut berpartisipasi. Selain itu produsen handset dan BTS, termasuk Panasonic, Sharp, dan Fujitsu, juga akan bergabung.

"Kementerian kemungkinan sedang berusaha mencari dana untuk pengembangan ponsel 5G dalam anggaran fiskal 2015," sambung laporan tersebut.

Secara teori, jaringan mobile 5G bisa menyuguhkan kecepatan transfer 10 gigabit per detik, jauh lebih besar dibandingkan tingkat transfer data 4G yang ada saat ini. Kecepatan data memang tengah diantisipasi, mengingat kemungkinan di masa mendatang dan ketersediaan media Ultra High-Definition (HD), yang akan menjadi standar dalam beberapa tahun mendatang.

Jepang pun dilihat akan menjadi pendorong untuk teknologi baru tersebut dan 2020 adalah tenggat waktunya. Saat ini, Jepang tengah berencana memperkenalkan teknologi resolusi 8K yang dikembangkan oleh Toshiba dan NTT.


Sumber :
http://tekno.liputan6.com/read/2057893/jepang-luncurkan-teknologi-5g-di-2020

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer